Tips Pencarian di Search Engine

PUTRA

Search engine merupakan sebuah media elektronik yang berisit jutaan sampai milyaran alamat situs dan informasi di dunia internet. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengetikkan kata kunci yang ingin dicari, setelah itu tampil sejumlah link yang akan mengarahkan ke situs yang relevan dengan kata kunci yang di masukkan. Namun permasalahan yang sering muncul, yaitu kurang tepatnya keyword untuk mencari informasi tertentu sehingga hasil pencariannya menjadi tidak relevan.

Nah untuk mengatasi masalah tersebut, berikut tips untuk mengoptimalkan hasil pencarian anda di search engine google.

  1. Menggunakan simbol matematika.
    Simbol yang sangat berguna untuk pencarian di search engine yaitu dengan menggunaka tanda plus (+). Contohnya, jika anda ingin mencari "tips pencarian di search engine" maka ketika +tips +pencarian +di +search +engine. Saat menerima masukan dengan format semacam itu, mesin pencari akan mencari berbagai dokumen maupun artikel yang memuat kata tips, pencarian, di, search, dan engine di seluruh jaringan internet. Cara ini tentu saja lebih efektif daripada hanya menggunakan kata kunci "tips search engine" saja yang hasilnya akan berupa jutaan link ke situs yang mengandung kata-kata tersebut. Simbol (+) dapat digunakan sebanyak-banyaknya karena prinsip yang sering digunakan dalam pencarian di internet adalah semakin banyak menggunakan tanda (+) maka semakin baik pula suatu pencarian dan hasil yang ditampilkan search engine lebih terfokus.
  2. Menggunakan simbol Boolean
    Kelebihan dari simbol Boolean yaitu dapat merepresentasikan jenis pencarian yang tergolong kompleks karena memiliki simbol-simbol tambahan. Berikut ini beberapa simbol penting yang sering digunakan untuk membantu proses pencarian.
    • AND
      Contoh penggunaan, "tips AND pencarian AND search AND engine". Di search engine yang menerima masukan seperti itu akan mencari seluruh dokumen di internet yang memuat empat buah kata yaitu, tips, pencarian, search, dan engine di dalamnya.
    • OR
      Dalam bahasa indonesia artinya "atau". Simbol ini bekerja dengan cara yang sama dengan karakter spasi pada simbol matematika. Di dalam satu waktu pencarian, kata "OR" dapat digunakan beberapa kali, misalnya "tips OR search OR engine". Hasil pencarian yang keluar adalah daftar dokumen yang memiliki satu atau lebih kata-kata tips, search, atau engine.
    • NOT
      Fungsinya kurang lebih sama dengan tanda minus (-) pada simbol matematika untuk merepresentasikan kecuali. Contoh "Gudeg NOT yogyakarta". Perintah tersebut menginstruksikan search engine untuk mencari halaman mengandung kata "gudeg" yang di dalamnya tidak terdapat kata "yogyakarta".

Demikian tips untuk mengoptimalkan hasil pencarian di search engine, semoga artikel ini dapat bermanfaat.
0 Responses to "Tips Pencarian di Search Engine"

Posting Komentar